Pentingnya Menjaga Kebersihan Kuku Tangan dan Kaki

potong-kuku ikut sunnah

Kuku sering kali diabaikan untuk menjaga kebersihannya, bahkan kuku tersebut dibiarkan menjadi panjang serta tajam. Membersihkan kuku hakekatnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh, Why. Karena kuku merupakan salah satu dari anggota tubuh (tangan dan kaki ) merupakan faktor utama dijaga kebersihanya. Sehingga dapat disimpulkan bahwa :


1. Apabila kuku tangan dibiarkan panjang serta kotor akan berakibat sakit perut apabila setelah makan dengan tidak menggunakan sendok.
2. Apabila kuku kaki dibiarkan panjang serta kotor maka akan berakibat masuknya kuman kedalam tubuh melalui telapak kaki, mengapa ?. Karena kuku kaki yang kotor secara otomatis bagian bawah kaki pun takkalah kotornya. Maka tak heran penyakit mudah hinggap didalam tubuh tanpa disadari.
3. apabila kuku tangan maupun kuku kaki didbiarkan panjang namun bersih tidak kotor. Justru keadaan seperti itu berbahaya bagi orang tersebut, Seperti contoh.
1. Apabila sedang bekerja diperusahaan khususnya bagian produksi, jangan heran ketika menemukan seorang wanita maupun pria yang tiba – tiba menjerit kesakitan karena kuku tersebut patah bahkan ketarik mesin produksi sehingga darh keluar dari kuku tersebut. Bukan hanya terjadi didalam pekerja saya itupun bisa terjadi dimana saja. Dan akibat kuku panjang adalah dapat merusak atau melukai kulit seseorang ketika hendak bersenda gurau bareng temen atau anak sekalipun. Maka memotong kuku sangatlah dianjurkan.

Namun bagaimana dengan wanita yang suka sekali mewarnai kukunya dengan menggunakan kutek atau bubuk pacar cina ?
Tentu bagi Wanita muslim menggunakan kutek atau cat adalah bertujuan untuk tanpil cantik namun Sedangkan dari sisi wudhu’, umumnya pewarna kuku merupakan zat pewarna yang membentuk lapisan kedap air. Sehingga air tidak bisa membasahi kuku-kukunya ketika berwudhu’. Sehingga bila dia berwudhu; dalam keadaan memakain kutek, jelaslah bahwa wudhu’nya itu tidak syah, karena di antara anggota tubuh yang harus dibasuh adalah kedua tangan hingga siku.

Sehingga lain halnya dengan mewarnai kuku, yang telah sering diucapkan adalah bubuk pacar cina dari mekkah, pewarna tersebut memiliki zat pewarna yang tidak memiliki lapisan kedap air, sehingga ketika berwudhu air pun dapat meresap atau terbasuhlah bagian kuku tangan tersebut.

Bukan hanya mewarnai kuku, Bagaimana dengan mewarnai rambut. Tentu mewarnai rambut dapat merusak pertumbukan rambut bahkan rambut menjadi kusam serta terlihat mati tidak halus sebelum rambut tersebut diberiarna.

Pewarna kuku adalah bagian dari perhiasan wanita. Dengan ini para wania berhias dan berharap untuk bisa tampil lebih cantik dan menarik. Hasrat untuk tampil cantik dan menarik merupakan fitrah bagi wanita. Karena Allah SWT memang telah menjadikan mereka suka keindahan dan kecantikan.

Dijadikan indah pada manusia kecintaan kepada apa-apa yang diingini, yaitu: wanita-wanita, anak-anak, harta yang banyak dari jenis emas, perak, kuda pilihan, binatang-binatang ternak dan sawah ladang. Itulah kesenangan hidup di dunia, dan di sisi Allah-lah tempat kembali yang baik.

Apabila kecantikan dan dandanannya itu disalurkan sesuai dengan apa yang dihalalkan oleh Allah SWT, maka semua itu justru akan menjadi ibadah dan pendekatan diri kepada Allah SWT. Misalnya bila seorang wanita berusaha tampil cantik dan menarik di depan suaminya dengan aneka make-up termasuk salah satunya memakai pewarna kuku, sehingga dengan itu suaminya menjadi tertarik dan senang kepadanya, maka bagi wanita itu ada pahala dan ganjaran dari Allah SWT.

Sebaliknya bila kecantikan dan dandanannya itu digunakan untuk menjerat laki-laki lain yang bukan mahramnya sehingga menimbulkan zina mata dan terbangkitnya nafsu syahwat (**) nya, maka bagi wanita itu ada dosa dan ancaman siksa di neraka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s