Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya

Manfaat-Buah-Manggis-dan-Kulitnya

Selain Buah Pepaya dan Buah Apel, ternyata Buah Manggis banyak mengandung manfaat. Manfaat Buah Manggis terutama terletak pada kulitnya. Mungkin masih banyak orang yang merasa aneh jika harus mengkonsumsi kulit buah manggis, itu karena rasanya yang tak enak.
Namun, Anda jangan kaget, kulit buah manggis banyak mengandung senyawa xanthone yang berguna untuk Pencegahan Kanker. Xanthone mempunyai aktivitas antiinflamasi dan antioksidan. Sehingga di luar negeri buah manggis dikenal sebagai buah yang memiliki kadar antioksidan tertinggi di dunia.

Buah manggis tumbuh dari manggis yang juga dikenal dengan nama Garcinia mangostana L adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari Kepulauan Nusantara. Tumbuh hingga mencapai 7 sampai 25 meter.

Nah, berikut adalah Manfaat Buah Manggis dan Kulitnya selengkapnya:

Mengandung senyawa xanthone
Kulit buah manggis mengandung zat antioksidan yang dapat melawan radikal bebas, yakni xanthone. Beberapa penelitian menunjukkan, senyawa ini memiliki sifat sebagai antidiabetes, antikanker, anti peradangan, antibakteri, antifungi, antiplasmodial, dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Mencegah Penuaan Dini
Menurut penelitian lain, zat antioksidan alami yang terkandung dalam buah manggis juga bisa menghambat proses penuaan pada tubuh. Zat ini akan selalu memperbaiki jaringan sel tubuh, sehingga Anda awet muda.

Anti kanker
Selain sebagai anti oksidan, khasiat xanthone juga sebagai anti kanker. Ekstrak kulit manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, selain itu ekstrak kulit manggis juga bersifat apoptosis penghancur sel kanker.

Menjaga kesehatan Mata, kulit dan rambut
Menurut hasil penelitian oleh pakar nutrisi dari Amerika, buah manggis dapat membantu mebuat kulit, mata, gigi, gusi dan rambut lebih sehat.

Meningkatkan stamina dan tenaga
Manggis juga memiliki peran penting dalam penyerapan dan metabolisme protein dan karbohidrat sehingga membantu dalam menjaga stamina tubuh.

Nah, setelah Anda mengkonsumsi Buah Manggis, ada baiknya Anda tidak buru – buru untuk membuang kulitnya. Karena kulit manggis itulah yang memiliki berbagai zat penyembuh. Anda bisa membuat seduhan kulit manggis sendiri, meskipun rasanya agak pahit.

Berikut cara pengolahan Kulit Manggis: Cuci bersih kulit buah, kemudian potong kulit 2 butir buah. Selanjutnya potongan tersebut direbus dalam 4 gelas air, sehingga tersisa 2 gelas. Air rebusan tersaring itulah yang diminum secara rutin 2 – 3 kali sehari.

Namun, yang harus Anda ingat bahwa Kulit Buah Manggis mengandung kadar resin, tanin, serat kasar, dan komponen lainnya yang tidak dapat dicerna tubuh pada kadar tinggi. Beberapa kasus dapat muncul akibat mengkonsumsi kulit buah manggis dalam bentuk tepung tanpa perlakuan yang baik, seperti Gangguan pada Kesehatan Ginjal dan usus serta pada organ tubuh lainnya. Salam Sehat!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s