SMAN7 BEKASI , LINGKUNGAN NAN ASRI, PENUH KREASI DAN PRESTASI

SMA Negeri 7 Bekasi merupakan sebuah sekolah yang terletak di perbatasan antara Ibu Kota Jakarta, Kota Depok dan Kabupaten Bogor. Sekolah ini didirikan 31 Juli 1997. Luas lahan yang dimiliki ± 1 hektoare (satu hektar). Sebagai sekolah yang terletak di penghujung Kota Bekasi yang sekaligus pinggiran Jakarta maka sekolah ini bertekad untuk menjadi sebuah sekolah yang mampu menjadikan generasi muda yang peduli terhadap lingkungan. Program peduli lingkungan mulai dikembangkan sejak tahun 2004. Bentuk kepedulian itu tertanam dalam sebuah misi sekolah, yaitu misi ke empat yang berbunyi “Menumbuhkan semangat kepedulian dalam memlihara lingkungan sekolah”.

Seiring dengan perkembangan sekolah, sekolah terus berbenah. Penataan lingkungan dilakukan dengan tanpa henti. Sikap peduli lingkungan terus ditanamkan pada setiap warga sekolah hingga sekarang. Bahkan sejak tahun 2006 pendidikan lingkungan hidup terus di rintis dan dimulai diintegrasikan ke dalam mata pelajaran, yang akhirnya pendidikan lingkungan hidup secara monolitik berdiri sendiri sebagai mata pelajaran muatan local, yang diberikan untuk kelas X dan XI.

Bukan hanya itu, sekolah tersebut terus menerapkan selalu lingkungan hidup, seperti adanya kantin alam, adanya rumah Anggrek. Maka tak heran sekolah tersebut dijuluki sekolah berbasis lingkungan hidup. Kepedulian akan lingkungan hidup itu sangatlah baik, karena lingkungan yang baik adalah lingkungan yang sejuk dan nyaman, namun sebaliknya jika tak peduli akan lingkungan tersebut maka akan trerjadi panas dan gersang, maka rawatlah lingkungan ala mini dengan sebaiik – baiknya.

Keberhasilan SMA Negeri 7 Bekasi mendapatkan penghargaan Adiwiyata dari Menteri Pendidikan Nasional dan Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2009 membawa semua warga sekolah terus menjalankan komitmennya tentang peduli lingkungan. Apalagi sekolah ini juga sebagai titik pantau penilaian Adipura Kota Bekasi. Program peduli lingkungan bukan hanya untuk dalam lingkungan sekolah, melainkan juga di luar lingkungan sekolah. Salah satu kegiatan nyata yang baru saja dilakukan di awal bulan Februari 2010 ini adalah partisipasi semua warga sekolah (termasuk guru dan TU) untuk mengumpulkan satu oang satu pohon yang nantinya akan di tanam di tempat lain yang masih gersang.

SMA N 7 yang penuh kreasi tersebut, sangatlah menonjol didalam suatu kegiatan-kegiatan seperti , kegiatan OSIS setiap minggu sekali diadakan pengajian bareng bersama alumni, rohis, olahraga dan masih banyak lagi. Prestasi pun diraihnya seperti mendapat  penghargaan Adiwiyata dari Menteri Pendidikan Nasional dan Kementrian Lingkungan Hidup tahun 2009 membawa semua warga sekolah terus menjalankan komitmennya tentang peduli lingkungan. Apalagi sekolah ini juga sebagai titik pantau penilaian Adipura Kota Bekasi.[]Abdul mazid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s