BRUUK! TERDENGAR BUNYI GENTING DI ATAS LANTAI,ITULAH KONDISI SDN 1 TULUNGAGUNG

Sekolah ambruk sering terjadi di perkotaan hingga pedesaan,  itulah kondisi SDN I Tulungagung yang amat memperihatinkan, bahkan sebagian ruang belajar sudah tak layak digunakan hendaknya dipugar total, sebab bangunan itu sudah sangat tua dan kayunya pun sudah lapuk. Komisi B DPRD Kabupaten Pringsewu merekomendasikan kepada Dinas Pendidikan setempat agar lokal SDN 1 Pekon Tulungagung yang sebagian roboh hendaknya dipugar total, sebab bangunan itu sudah sangat tua dan kayunya pun sudah lapuk.

Wakil Ketua Komisi B DPRD Pringsewu Sudewi, didampingi Sekretaris Komisi B Zulmar serta Johan Arifin, Asita Nurgaya, Suhairi Amin, dan Nazaruddin (anggota), usai melihat dari dekat kondisi bangunan yang roboh pada Senin (5-3) lalu, meminta Kepala SDN 1 Suherman segera membuat proposal, sehingga tahun depan pemugaran terhadap sekolahnya bisa diprioritaskan. Komisi B juga akan memperjuangkan bangunan yang usianya di atas 20 tahun yang belum tersentuh rehab agar bisa diprioritaskan. Sebab, jika dibiarkan, akan membahayakan anak didik.

Tak kalah penting, kepada Dinas Pendidikan setempat diminta memberikan data jumlah sekolah yang mengalami rusak berat. Kepada anggota Komisi B juga diminta turut mendata sekolah di daerah pemilihannya (dapil), terutama yang rusak.

Menurut Sudewi, dengan mendata semua sekolah yang rusak berat, diharapkan kejadian serupa seperti robohnya gedung SDN 1 Tulungagung tidak terulang lagi. Sebagaimana diisyaratkan, robohnya beberapa lokal SDN 1 Pekon Tulungagung, Kecamatan Gadingrejo, Senin (5-3), karena lokal sekolah secara keseluruhan sudah serbatua.

Dampaknya, kemarin, sebanyak 128 siswa SDN 1 dipaksa dewan guru masuk sekolah secara bergantian. Sebab, sisa dua lokal dari gedung pertama buatan 1968 yang roboh tidak lagi layak digunakan sebagai ruang belajar. Kepala SDN 1 Suherman juga memerintahkan semua siswa untuk tidak mendekati gedung yang roboh.[]Abdul mazid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s