CM INDONESIA CAMPUS MEDIA

Buletin Pelajar

Edisi 01 Tahun I Teruslah Berjuang Untuk Mencapai Kesuksesan

                                                                           GARA GARA ALFA MART


P

ersaingan pasar antara pasar modern dengan pasar tradisional merupakan bukan hal ag aneh lagi,bahkan sudah menjamur di pedalaman kota hingga di perkampungan,contohnya banyak pasar modern yang berdiri di simpangan jalan hal seperti bahkan sampai mengkhawatirkan pasar tradisional.

PASAR  MODERN MENJAMUR,PASAR TRADISIONAL TERSUNGKUR

Taukah Anda,persaingan pasar modern dengan pasar tradisional makin menjadi-jadi,terlihat di jalan-jalan raya maupun di jalan perkampungan. Jelas sekali bahwa pasar modern

makin hari makin menjamur.namun di sisi lain pasar tradisional seperti wrung mengeluh adanya pasar modern tersebut seperti ALFA mart dan sebagainya.seolah mengambil alih penghasilan pedagang tradisional.Apakah pemerintah merespon tentang persaingan antara pasar moden dengan pasar tradisional ini?tentu saja tidak,kenapa.? Karena pemerintah sangat mendukung berdirinya pasar modern tersebut bahkan kebanyakan dari mereka yang mengalami bangkrut,sebab pasa tradisional kalah saing dari segi tempat ,produck,hingga harga yang menggiurkan para konsumen itulah yang di khawatirkan pedagang kecil,seperti yang di alami salah satu narasumber yaitu Ibu Khoiriyah selaku pedang tradisional warung  mengutarakan “bahwa benar adanya ,semenjak berdirinya Alfa mart ,tepat di hadapan usaha warung .penghasilan pemasukan menjadi sangat jelas terasa menurun”.ujar Ibu Khoiriyah selaku narasumber.walaupun tak semua pedagang tradisional mengalami seperti narasumber tersebut,namun di sisi lain masih besar nilai kemungkinan.alfa mart mengambil alih pasar tradisional.terlihat dari perekonomian di indonesia ini,masih di pertanyakan hingga diperhitungkan  saat ini.karena persaingan pasar modern dengan pasar tradisional tak luput dari perekonomian,yang dimana dapat menunjang ush untuk lebih maju dan besar berkembang,maka sudah tak asing lagi bahwa persaingn pasar modern dengan pasar  tradisional ,seolah pasar modern lah yang tak mengalah bahkan yang ada menjamur di berbagai pusat perkotaan hingga perkampungan.namun peristiwa tersebut memang benar adanya .bukti masih adanya pedagang kecil seperti pasar tradisional,mengalami penurunan penghasilan tiap harinya semenjak adanya pasar modern yang berdiri persis di hadapan usahanya,bahkan banyak dari mereka yang tidak dapat mendirikn usaha nya lagi.karena mengalami  omzet yang tak terkendali untuk dapat membeli barang  untuk di perdagangkan kembai.

“Saya kira pemerintah harus mengkaji kembali keberadaan pasar-pasar modern jangan sampai membunuh pasar-pasar tradisional. Soalnya, dengan menjamurnya pasar-pasar modern ini hanya akan menguntungkan kaum-kaum kapitalis saja,” tandasnya
Sementara, Ketua Barisan rakyat sumedang anti korupsi (Barak,s), Abah Jeep, menduga, invasi besar-besarannya pasar-pasar modern ke Sumedang karena adanya kongkalikong antara para pengusaha

dengan oknum pejabat terkait hanya demi memperkaya diri. Pasalnya, menurut Abah suatu hal yang mustahil, pasar-pasar modern terus menerus mengembangkan sayapnya kalau saja pihak pemerintah tegas untuk membatasi keberadaannya.

Bentuk Berita Lugas

PENGHASILAN PASAR TRADISIONAL MEROSOT TAJAM AKIBAT ALFA MART

Persaingan Alfa mart dengan pasar tradosional makin mengkhawatirkan

sebab persaingan antara alfa mart dengan pasar tradisional makin jelas terang – terangan seprti Pasar Tak Rasional, Pasar Tradisional vs Pasar Modern
Industri retail adalah industri yang sangat strategis di Indonesia. Industri retail ini merupakan industri ke dua terbesar yang mampu menyerap tenaga kerja setelah industri pertanian. Sebagai mana kita ketahui dalam industry manapun pasti kita akan temui persaingan didalamnya, tidak terkecuali industri retail di indonesia.
Persaingan industri retail membelah industri ini menjadi dua blok besar ; yang pertama blok retail tradisional yang secara langsung diwakili oleh pedagang pasar tradisional serta warung-warung kecil di pinggir jalan dan yang ke dua adalah blok retail modern yang diwakili oleh Indomart, Alfamart, Ramayana, Carrefour dan lain sebagainya. Persaingan indusrti retail ini memang bukan hal yang baru, persaingan tersebut telah dimulai sejak tahun 1990an.
Beberapa pengamat mencatat, dari tahun ke tahun dimulai dari tahun 2000, pangsa pasar retail tradisional terus menurun karena semakin mengguritanya retail-retail modern, hal tersebut diperparah dengan adanya pergeseran kondisi sosial ekonomi yang dilakukan oleh para pelaku retail modern yang pada awalnya hanya di kujungi oleh kalangan A Consumers (konsumen kelas atas), sekarang merambah ke Band Consumers (konsumSebelum ada pasar-pasar swalayan yang menjamur diberbagai sudut kota, pasar tradisional menjadi satu-satunya pilihan untuk membeli suatu kebutuhan. Pasar-pasar tradisional ini ada pada semua kecamatan di Bekasi-dalam beberapa wilayah bahkan hingga ke tingkat desa / kelurahan. Pada pertengahan tahun 90-an, pasar swalayan mulai muncul, diawali dipusat kota dan kemudian menyebar ketiap wilayah. Meski ada aturan bahwa pasar swalayan tidak boleh mematikan pasar tradisional, persaingan antara pasar swalayan dengan pasar tradisional sulit dihindari. Pada beberapa lokasi, pasar tradisional bahkan harus bertarung langsung dengan pasar swalayan, misalnya pada lokasi Pasar depok  pal  dan Pasar Cibubur
Semrawut dan kumuh adalah kata yang pas untuk menggambarkan suasana pasar tradisional. Kesan ini merata pada hampir semua lokasi. Apakah karena keterbatasan lokasi atau karena tabiat dari para pedagang dan pengunjung pasar tradisional yang menciptakan suasana demikian. Ketika ada renovasi terhadap Pasar pal dan Pasarcibubur, harapan adanya perbaikan sempat mengemuka, namun kenyataan berbicara lain. Begitu ditempati, kedua pasar tersebut kembali pada khittahnya, pasar yang semrawut dan kumuh.
Beberapa renovasi pasar malah menuai masalah. Renovasi pada pasar Induk Buah dan Sayur Cibitung membawa konflik sosial ketika pasar dipindahkan sementara. Renovasi pada Pasar Pondok Gede terus berlarut hingga sekarang. Renovasi pada pasar Kranji berlangsung tersendat-sendat. Seringkali para pedagang terabaikan begitu renovasi selesai. Ada begitu banyak kepentingan yang ikut andil pada kekisruhan pengelolaan pasar tradisional.seperti yang di alami bapak NN menuturkan “saya tak terusik danya pasar modern”ujar bapak Nn selaku narasumber ,namun di sisi lain persaingan belum menemukan titik terang.

ALFA MART MERAMPAS PASAR TRADISIONAL

Pasar tradisional sekarang sudah banyak yang di tinggalkan masyarakat tengah gemerlapnya metropolitan ini. Seperti yang di alami ibu khoiriyah selaku narasumber.

Langsung saja pada permasalahan ,kalau boleh tau nama ibu siapa ?

Ibu Khoiriyah.

Apakah usaha yang ibu dirikan ini sesudah Alfa mart berdiri?

Sebelum Alfa berdiri jauh usaha ini sudanh ada .

Sejak kapan usaha warung ini berdiri?

Sejak tahun 1982 jauh berdirinya alfa mart.

Apakah ada omzet yang menurun setelah berdirinya Alfa mat itu?

Ya da ,menurun kebanyakan pada pegi ke alfa.

Di persaingan yang sangat ketat ini apakah ibu sempat mengalami kebangkrutan?

Bangkrut ,sih tidak hanya saja pendapatan menjadi minim,sampai seharian tak da yang beli.

Hal apa saja yang dapat usaha yang ibu dirikan ini masih tetap berjalan?

Bertahan karena pada setiap bulanya anak –anak ibu memberikan pemasukan pada saya.

Apakah menurut ibu persaingan yang ibu alami mengalami suatu kaseimbangan?

Tentu saja tidak. mengapa? Karena lebih berat pada pasar modern ketimbang pasar kecil.

Usaha yang ibu miliki apakah punya ibu sendiri?

Ya punya sendiri sejak lama,sebelum adanya persaingan yang banyak seprti sekarang ini.

Apakah berdiri pasar modern seperti Alfa mart membawa dampak positif untuk usaha ibu?

tentu,ibu bisa membandingkan harga alfa mart untuk menjadi harga patokan harga di warung .

Apakah ibu khawatir berdirinya Alfa tepat persis di warung ibu?

Khawtir sih ada ,ya mikirnya rezeki kan dari mana  saja?

Apakah ibu mempunyai keinginan untuk mengganti usaha ibu ?

Tidak karena sudah berdiri lama.

Trima kasih.

Buletin pelajar CAMPUS MEDIA ,Buletin Bulanan ,Di terbitkan oleh CAMPUS MEDIA ,PTDI II GROUP .Pmpmpin  Redaksi/Editor :Abdul Mazid, Redaksi :Zubair,Reporter :Amin Alamat :JL. SPG 7 Lubang Buaya jakarta timur.

02194213097/08388554559

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s