SMK PERMATA BANGSA

TETAP MEMPERTAHANKAN IDENTITAS KEISLAMAN

Gedung SMK Permata Bangsa

Meski letaknya jauh dari jalur utama, SMK Permata Bangsa mampu menampakkan prestasi yang luar biasa. Berbagai piala pun telah diboyong. Diantaranya yang terbaru adalah juara I basket putri tingkat SLTA  se-Bekasi. Kepada matasiswa.com, kamis(27/10), R. Syarif  Wajhi, Wakasek Kesiswaan mengatakan bahwa target utama adalah merapikan administrasi sehingga diharapkan lebih banyak prestasi yang akan diraih.

Sejarah singkat

SMK Permata Bangsa berdiri sejak tahun 2006 dan mendapat izin operasional tahun 2008. Bersama MA Al-Muawanah, sekolah ini berbagi gedung sekaligus bernaung dalam satu yayasan Pendidikan Islam Al-muawanah.  Meski berlokasi di Jl. RH. Umar Ceger Jakasetia Bekasi dan kurang strategi, menurut  R. Syarif Wajhi, kapasitas muat dan jumlah peminat calon siswa baru jauh melebihi ambang batas. Menurutnya pula, itu jauh lebih banyak jika calon siswa putri tidak beridentitas kerudung. Karena Sekolah ini dibawah yayasan Islam dengan background Islami, tentu menjadi aturan wajib.

Sekolah ini terdiri dari kelas X.I hingga kelas XII. Siswanya berasal dari sekitar Bekasi dan Bogor. Ruang SMK berada di tingkat atas, sedangkan ruang bawah digunakan oleh MA Al-Muawanah.

Visinya adalah unggul dan terampil dalam bidang akademik maupun nonakademik dengan berlandaskan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Sedangkan misinya adalah melaksanakan pengajaran dan pendidikan kontekstual agar siswa mampu mengembangkan potensi dan bakat yang dimiliki serta mampu berkompetisi di dunia kerja dan melaksanakan pengajaran dan pendidikan moral keagamaan yang optimal agar siswa memiliki budi pekerti dan bermoral tinggi.

Dengan motto “Siap Kerja, Cerdas dan Berakhlak Mulia” membuat sekolah tersebut harus mengedepankan akhlak/imtaq baru kemudian iptek. Apalagi ,Mukhsin(33), kepala TU sekaligus wakil kepala sekolah mengatakan bahwa harapannya siswa yang lulus nanti mempunyai basic/kepribadian Islam yang baik dan Akhlak yang terpuji.

Program keahlian ada Bisnis Manajemen(Kompetensi Keahlian-akuntansi) dan Teknik Komputer&Informatika(Kompetensi Keahlian-Teknik Komputer dan Jaringan). Fasilitas yang disediakan untuk menunjang program tersebut selain mempunyai gedung sendiri ada lab. Akuntansi;Lab. Komputer; Lap. Futsal,Basket, volley,masjid dan perpustakaan ber AC.

Peran Serta OSIS

Osis sebagai satunya-satunya wadah untuk menjalankan kegiatan siswa mampu memberikan andil besar. Eskul wajib seperti basket, paskibra dan bahkan marcin band menjadi  eskul favorit di sekolah itu. Selain itu. Eskul pilihan  juga tersedia seperti teater dan seni.

“Pensi belum terlaksana, tetapi saya senang OSIS SMK Permata Bangsa yang tergabung dalan ikatan OSIS se-Bekasi(IKOSI) mampu memduduki peringkat ke-3 se-Bekasi,” ujar Lestari(18), Ketua OSIS SMK Permata Bangsa, di sela-sela kunjungan matasiswa.com di ruangan OSIS,kamis(27/10). Sedangkan Broadcast sempat terhenti karena ketiadaan peralatan yang mendukung.

Selain itu, yang tak kalah hebatnya adalah adanya kegiatan Muhadaroh. Masing-masing kelas harus mengikuti kegiatan secara bergiliran seperti; menjadi moderator,orator,baca do’a dan baca Al-qur’an.[]Abdul Mazid

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s