abdul mazid tugas kuliah

BAB I                                                                                                 ABDUL MAZID /SEM 4/TGS UTS

PENDAHULUAN

Ada ungkapan bijak yang mutlak harus diperhatikan penyiar (broadcaster), “siapa yang tidak melakukan persiapan, berarti ia siap untuk gagal”. Ungkapan tersebut menunjukkan bahwa persiapan itu sangat penting dalam setiap pekerjaan atau tugas. Tidak hanya dalam penyiaran, tetapi semua pekerjaan mutlak membutuhkan persiapan. Makalah ini akan membahas tentang “Mempersiapkan Diri untuk Penampilan”.

Penampilan yang dimaksud pada kerja Broadcaster meliputi tata busana, tata rias, dan actingnya. Penampilan-penampilan tersebut harus disesuaikan dengan acara dan tema yang dibawakannya. Dalam penampilannya, broadcaster tidak boleh melupakan gerak tubuh, ekspresi wajah, kontak mata dan sebagainya. Karena hal-hal tersebut dapat membantu apa yang disampaikan broadcaster kepada audience.

BAB II

PEMBAHASAN

A. Persiapan Siaran

Siapa yang tidak melakukan persiapan, berarti ia bersiap untuk gagal. Ungkapan bijak itu mutlak diperhatikan penyiar (broadcaster). Persiapan yang harus dilakukan broadcaster sebelum mengudara, antara lain:

1. Sediakan waktu luang minimal 15 menit sebelum mengudara di dalam ruang siaran (studio), untuk melakukan persiapan fisik, mental, dan materi siaran. Pastikan diri anda merasa rileks dan nyaman. Duduk dengan nyaman dan tegak, jangan membungkuk karena akan mempengaruhi kualitas suara diafragma. Pastikan anda sudah menguasai materi siaran, naskah sudah di tangan dan dipelajari berulang-ulang. Jika perlu pergilah ke toilet!.

2. Pastikan semua perlengkapan siaran berfungsi: pemancar, line telephone, lagu-lagu atau musik, headphone, spot iklan, dan sebagainya.

3. Pelajari program siaran. Jika perlu menyusun run down atau poin-poin bahan pembicaraan.

Kiat-kiat sebelum mengudara:

1. Untuk kualitas suara, hindari minuman bersoda dan mengandung susu. Jangan makan permen atau coklat sebelum mengudara karena gula akan membuat ludah mengental.

2. Yakinkan bahwa segala keperluan siaran sudah tersedia, seperti: skrip, pensil, kertas, microphone, dan sebagainya.

3. Pakailah baju yang longgar dan nyaman.

4. Sebelum masuk studio lakukan latihan pernafasan dan pemanasan suara.

5. Ambillah istirahat satu – dua menit untuk melemaskan leher dan bahu. Ambil nafas dalam-dalam untuk memusatkan pikiran dan badan.

6. Periksa letak tubuh terhadap posisi microphone. Buat posisi yang nyaman.

7. Ingatkan diri anda merasa nyaman dan enjoy.

B. Penampilan MC atau Broadcaster

Yang dimaksud dengan penampilan pada pelaksanaan kerja MC atau Broadcaster meliputi: tata busana, tata rias, dan actingnya. Penampilan MC atau Broadcaster menyesuaikan dengan jenis acara yang dibawanya.

Seorang MC atau Broadcaster tidak hanya bertugas sebagai pembaca acara, tetapi harus bisa exist atau diakui keberadaannya dalam acara yang dibawa, harus menampilkan dirinya secara keseluruhan dengan ekspresi dan antusias yang berperan dalam menciptakan suasana yang diinginkan, harus pandai memanfaatkan audience sehingga mampu membentuk hubungan yang akrab dan menggembirakan, dan harus dapat menikmati pekerjaannya.

Sebelum kita melaksanakan tugas sebagai MC atau broadcaster, terlebih dahulu kita gunakan tahapan-tahapan berikut ini:

Tahapan Pertama, kumpulkan informasi acara tersebut. Bisa melalui panitia atau tim produksi.

Tahapan Kedua, siapkan bahan pembicaraan apa yang akan kita tampilkan sesuai dengan tema dan audience yang akan menjadi komunikan.

Tahapan Ketiga, tugas anda bukan hanya membacakan acara, tetapi juga mengecek kesiapan, mengontrol waktu, dan membuat para hadirin puas.

Selain itu diatas, terdapat hal-hal yang perlu diperhatikan. Posisi anda sangat mempengaruhi acara anda secara keseluruhan, maka dari itu cari posisi yang aman bagi anda. Jangan terlalu over acting. Pilihlah microphone yang paling baik, yang dapat menjadikan anda semakin percaya diri.

Dalam menciptakan suasana kebersamaan dan dialogis antara MC atau Broadcaster dengan audiencenya, perlu mengusahakan agar pembicaraan memiliki emosi atau emotional content. Hal itu dapat dilakukan dengan:

• Mempertegas kata

Cara ini dipergunakan saat membacakan keputusan, atau hal-hal yang penting:

Contoh:

“setelah mempelajari, menimbang, dan memutuskan…pemenang festival Film Dakwah 2009 adalah…”

• Mengulang kata

Kiat ini sangat sederhana. Anda dapat mengulangi kata atau kalimat yang merupakan informasi penting.

Contoh:

“penyanyi yang satu ini dikenal sebagai penyanyi legendaris… ya penyanyi legendaris….karena lagu-lagunya telah melegenda dari masa ke masa! Iwan Fals…”

• Menunda kata

Untuk menarik audience agar memberikan perhatian lebih, anda dapat menunda informasi penting yang akan disampaikan.

Contoh:

“hadirin, sesaat lagi kita akan memasuki acara kuis. Bagi anda yang dapat menjawab pertanyaan dengan cepat dan benar, disediakan hadiah tunai sebesar…lima ratus juta rupiah…wowww!”

• Memperpanjang kata

Muatan emosi dan penekanan dapat anda lakukan dengan memperpanjang kata yang penting.

Contoh:

“dan inilah juara bertahan kita mala mini…CRIIISSJOOOOONN…!!!”

Dalam membawakan acara, anda dapat menarik perhatian audience dengan suara yang bervariasi atau Voice Act. Tujuannya hanya untuk sekedar improvisasi atau untuk menunjukkan identitas.

Gunakan lelucon segar asal tidak vulgar dalam membawakan acara, agar audience tidak merasa kaku atau jenuh. Dan yang perlu diperhatikan, humor-humor kecil tersebut harus disesuaikan dengan tema acara.

C. Gerak Tubuh

Ketika kita akan memberikan suatu pembicaraan, kita cenderung memusatkan pada aspek berkomunikasi verbal. Kita hanya memperhatikan pada apa yang akan kita katakana. Kita bisa jadi sadar bahwa kita perlu menggunakan tangan, gerakan tubuh, ekspresi wajah, dan kontak mata dengan audience untuk membantu mempertahankan hubungan. Tetapi kita jarang memperhatikan aspek-aspek penampilan seperti ini dalam penyampaian pembicaraan.

Dalam bagian ini kita akan mempertimbangkan pragmatika gerakan tubuh, isyarat-isyarat dan ekspersi wajah yang mempengaruhi penilaian keefektifan selama suatu pembicaraan berlangsung. Para ahli sepakat bahwa ekspresi-ekspresi non verbal itu penting sekali bagi interpretasi maknanya.

Tujuan mempelajari bagaimana meningkatkan penampilan-penampilan non verbal bukanlah untuk memperdayakan audience, tetapi untuk memberikan kesan pada mereka atas kemampuan anda.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu anda lakukan:

1. Gerakan Tubuh: sebagian besar ahli menyarankan para pembicara berdiri tegak dan seimbang ketika sedang berbicara. Waktu paling produktif untuk gerakan tubuh adalah selama transisi-transisi verbal, yaitu saat anda memberikan petunjuk visual dengan mengambil langkah seperlunya.

2. Gerak Isyarat: kebanyakan ahli sepakat bahwa memberi gerak isyarat itu suatu cara untuk membebaskan ketegangan dan menegaskan pokok-pokok yang penting.

3. Ekspresi Wajah: kebanyakan ahli percaya bahwa ekspresi wajah dalam mengadakan presentasi, memadu acara, atau berbicara di depan audience akan menjaga diri.

4. Pakaian dan Penampilan Umum: pakaian dan penampilan menyesuaikan dengan acara dan tema yang dibawakan.

BAB III

KESIMPULAN DAN PENUTUP

Persiapan bagi seorang broadcaster merupakan hal mutlak yang harus dilakukan. Seperti halnya profesi-profesi lain yang juga memerlukan persiapan sebelum memulai pekerjaannya atau tugasnya.

Dalam hal ini yang perlu dipersiapkan adalah penampilan broadcaster dalam melaksanakan tugasnya. Penampilan yang dimaksud adalah penampilan busana, make-up, dan acting.

Tugas MC atau broadcaster tidak hanya membacakan acara, tetapi juga sebagai pengontrol acara, dan membuat hadirin atau audience puas. Agar dalam penyajian tidak terkesan monoton, MC atau broadcaster harus bisa membawakan acara dengan baik, dengan menggunakan komunikasi verbal dan non verbal. Gerak tubuh, gerak isyarat, ekspresi wajah, dan kontak mata sangat membantu dalam penyampaian yang baik.

Demikian makalah yang membahas tentang “Mempersiapkan Diri untuk Penampilan” kami sampaikan, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Kritik, saran, dan masukan sangat penting guna perbaikan ke depan.

PHONE LINE TO AUDIO CONVERTER

kunjungi : www.installindo.blogspot.com

SEHUBUNGAN DENGAN PERMINTAAN BEBERAPA PENGUNJUNG BLOG, MAKA KESEMPATAN UNTUK MENDOWNLOAD PROGRAM PEREKAM PERCAKAPAN TELEPON DIPERPANJANG HINGGA 30 APRIL 2009, DEMIKIAN , TERIMA KASIH ATAS PERHATIAN DAN KEPERCAYAAN ANDA PADA PRODUK KAMI
I. PL2AC2(Phone Line to Audio Converter Ver.2)
BROADCASTING TELEPHONE LINE TO AUDIO EQUIPMENT

Alat pengubah sinyal telephone menjadi audio out/in untuk di broadcast pemancar radio komersial.

Untuk kebutuhan
– Live Reporting
– Kuis
– Interative program
– Dan lain lain

Hubungi : Sardi : 021-70118201 , 08129947816

PL2AC adalah rangkaian PASIF yang merupakan sebuah alat pengkonversi dari signal telepon analog manjadi audio. Terdapat 2 soket RCA berfungi sebagai line input dan line output terminal. Box sederhana ini juga memuat 2 soket RJ11 yang berfungsi sebagai inputan line ( TELKOM/CDMA/GSM ) dan outputan line berupa pesawat telepon handset atau lebih dikenal dengan sebutan SINGLE LINE TELEPON.

Peralatan ini dapat dikoneksikan dengan Profesional Audio untuk mem-broadcast suara telepon 2 arah.

Aplikasi :

– Interaktif program dari
o Stasiun Televisi
o Stasiun Radio
o Perekam percakapan telepon
o Tele conference
o Dan lain-lain

Telah digunakan oleh Beberapa Radio Komersial , Radio Komunitas kampus, Stasiun Televisi Lokal di Jawa , Sumatera , Kalimantan, Serta ruang rapat di kantor pemerintahan dan swasta di Indonesia

.
II. PL2AC1 (Phone Line to Audio Converter ver.1)

.

ALAT PEREKAM PERCAKAPAN TELEPON VIA SOUNDCARD KOMPUTER

.

Telah digunakan oleh Perusahaan Leasing kendaraan di beberapa cabangnya di Indonesia dan juga perusahaan penyedia layanan telekomunikasi Nasional terkemuka untuk kantor wilayahnya di Surabaya Barat dan Surabaya Timur.

mengingat pentingnya transaksi dengan menggunakan alat bukti berupa percakapan telepon seperti layaknya sebuah model bentuk usaha penjualan index Saham maupun Valuta Asing

CONTOH : PROPOSAL

RADIO KOMUNITAS SENI DAN BUDAYA

ERWIN ROMELL (ER) RADIO 107,7 FM STEREO

Akta Notaris ………………………

Studio / Office : ………………………………. Subang Jawa Barat

Studio / Office :

Jln.  …………………Subang Jawa Barat

LATAR BELAKANG

Sumber daya manusia sebagai modal dasar maju dan berkembangnya suatu bangsa dan negara perlu adanya peningkatan dan penempaan, terutama yang terkait dengan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan, pelestarian dan perkembangan kesenian dan kebudayaan bangsa. Hal ini dilakukan mengingat semakin terbuka luasnya wawasan dan cakrawala dunia dalam era globalisasi khususnya dalam bidang seni dan budaya. Penyebaran informasi yang bermanfaat dan arus  juga dibutuhkan oleh masyarakat. Agar seni dan budaya bangsa yang dimiliki dapat terjaga integritasnya, atau dengan melakukan upaya menjalin persaudaraan, persatuan, kesatuan, antar bangsa umumnya, dan organisasi/komunitas/  kelompok / seniman – seniman dan masyarakat pecinta seni khususnya di Kabupaten Subang.

Media radio siaran merupakan salah satu media massa elektronik yang terbukti efektif dalam meningkatkan penyampaian arus informasi dan komunikasi di masyarakat, khususnya masyarakat di Kabupaten Subang.

Kabupaten subang memilki beragam potensi daerah yang menarik  sekaligus berpeluang menjadi daerah strategis pariwisata dan pengembangan budaya yang patut dikembangkan. Pelestarian budaya dan pengembangan pariwisata juga merupakan agenda penting bagi pemerintah daerah kabupaten subang untuk mengembangkan potensi-potensi wisata dan budaya tersebut sesuai dengan visi kabupaten subang sebagai daerah wisata dan agrobisnis.

Salah satu bentuk partisipasi kongkrit kami dalam rangka membuka wawasan dan cakrawala dunia dalam penyampaian informasi yang bermanfaat, aktual, transparan dan dapat dipertanggungjawabkan, serta untuk lebih mengupayakan pemanfaatan sumber daya manusia, apresiasi seni, dan pengembangan minat dan bakat masyarakat  maka ER RADIO yang berada di frekuensi 107,7 FM dengan nama sebutan RADIO KOMUNITAS SENI DAN BUDAYA berkedudukan dan beralamat di Jalan …………… Subang Jawa Barat bermaksud  menjadi media dan sarana masyarakat Kabupaten Subang dalam rangka menjadikan media radio ini sebagai wadah apresiasi seni dan budaya bagi masyarakat guna terwujudnya pelestarian kesenian dan kebudayaan daerah di masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Subang.

DASAR PEMIKIRAN

  1. Undang-undang  Republik Indonesia Nomor 32 tahun 2002 Tentang Penyiaran
  2. UU Penyiaran Nomor 32 Tahun 2002 Pasal 21 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Lembaga Penyiaran Komunitas.

MAKSUD PENDIRIAN

1)    Menjadi lembaga penyiaran komunitas dalam memfasilitasi para pendengar khususnya masyarakat penikmat seni dan seniman sebagai media penyampaian opini,  ide dan gagasan-gagasan dalam menghadapi arus informasi di masyarakat;

2)    Menjadi lembaga penyiaran yang turut serta dalam rangka  pembangunan bangsa dan sumber daya manusia Indonesia;

3)    Menjadi lembaga penyiaran komunitas yang mandiri dalam memotivasi para seniman, khususnya pemuda atau remaja dalam rangka meningkatkan potensi dan kreativitas seni di Kabupaten Subang;

4)    Sebagai lembaga penyiaran komunitas yang ikut berpartisifasi dalam membina dan menjalin hubungan komunikasi dan saling tukar menukar informasi antar masyarakat penikmat seni dan seniman di Kabupaten Subang.

TUJUAN PENDIRIAN

1)    Menambah wawasan dan pengetahuan para pendengar dengan memberikan metode serta program-pogram siaran radio media yang berfungsi to inform, to  educate, to persuate, to entertaint kepada masyarakat, khususnya bagi para pegiat seni di kabupaten subang

2)    Membantu pemerintah daerah dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Subang;

3)    Meningkatkan apresiasi seni dan budaya baik itu kesenian daerah maupun yang sifatnya modern dalam upaya pelestarian kebudayaan dan pengembangan seni daerah.

4)    Meningkatkan dan mempertahankan persatuan, kesatuan dan keutuhan sebagai masyarakat yang aman, tentram dan damai;

5)    Sarana hiburan, informasi, pendidikan dan pariwisata.

Visi

1)    Menjadikan lembaga penyiaran komunitas seni dan budaya sebagai media center kegiatan masyarakat untuk belajar, bekesenian, sekaligus sebagai media apresiasi pengembangan minat dan kreativitas seni masyarakat di Kabupaten Subang

2)    Menjadi lembaga penyiaran komunitas yang mandiri dalam membangun sumber daya manusia yang unggul di segala bidang;

3)    Menjadi pusat media informasi dan komunikasi antar seniman dan masyarakat seni di Kabupaten Subang;

4)    Sarana pendidikan, informasi, budaya sekaligus hiburan dan pelestarian pariwisata di Kabupataen Subang.

Misi

1)    Mensosialisasikan dan menjalankan program-program pembinaan seni dan budaya di radio yang dikemas secara apik dan terencana kepada masyarakat, Seniman, dan pecinta seni di Kabupaten Subang.

2)    Melakukan upaya strategis dalam rangka menarik simpati dan dukungan masyarakat seni khususnya para Seniman di Kabupaten Subang.

3)    Membina masyarakat dan komunitas dengan menjalankan program sajian acara pendidikan, seni dan budaya

4)    Ikut berpartisipasi dan bekerjasama dengan pemerintah daerah dalam meningkatkan pembangunan daerah di Kabupaten Subang

5)    Menyelenggarakan kegiatan acara kesenian, sebagai media partner penyelenggara acara-acara kebudayaan dan kesenian di kabupaten subang

6)    Melakukan upaya mensosialisasikan program-program yang terarah kepada para seniman di Kabupaten Subang.

PROFILE RADIO

ER Radio 107,7 FM merupakan satu satunya stasiun radio siaran komunitas seni dan budaya di Kabupaten Subang. ER radio didirikan pada tanggal 25 Desember 2005. diawali dari sebuah komunitas kami dibidang pendidikan, seni, musik, sastra, dan teater.

Seiring dengan berkembangnya teknologi informasi, budaya dan kebutuhan informasi masyarakat yang semakin tinggi, media siaran radio adalah sebagai salah satu sarana kami dalam menunjang kegiatan komunitas kami sehari-hari.  oleh karena melalui siaran radio komunitas kami mencari sarana apresiasi komunitas kami yaitu dengan tujuan menjadi media fasilitator bagi masyarakat khususnya generasi muda yang peduli akan pendidikan, seni, budaya, teknologi informasi. guna mempersiapkan Sumber Daya Manusia di era globalisasi dan tantangan jaman saat ini dengan media siaran radio.

ER radio sebagai lembaga radio siaran bertujuan menjadi lembaga penyiaran komunitas sebagai sarana penyampai informasi, komunikasi dalam menumbuhkan kreativitas, bakat, dan sumber daya khususnya dalam mengapresiasikan kegiatan pendidikan, seni dan budaya di Kabupaten Subang.

Sebagai radio siaran komunitas seni dan budaya, ER radio berusaha memberikan sajian acara yang bisa menginspirasi tumbuhnya ide-ide baru dibidang seni dan pendidikan melalui siaran radio, sehingga acara-acara siaran radio tidak hanya didominasi oleh sajian acara hiburan, tetapi bertujuan sebagai media informasi dan pendidikan yang bisa menjadi media alternatif penyeimbang di tengah maraknya media-media massa lain yang kurang sehat. Media siaran radio juga sebagai sarana pengembangan ide dan gagasan bagi masyarakat.

DATA STASIUN RADIO

Nama Radio                  : ER RADIO (Radio Komunitas Seni dan Budaya)

Akta Notaris                  : Akta Notaris ………………………

Izin Penyelengraan        : Surat KPID Jabar No

Frekuensi                      : 107,8 Mhz Stereo

Alamat Studio               : Jln. ………………………Subang Kab. Subang

Alamat Kantor               : Studio ER Radio Lt 2 Jln. ………………………Subang Kab. SUBANG

Format station              : Radio Komunitas Seni dan Budaya

–          Seni Musik

–          Seni Sastra dan Literasi

–          Teater

–          Jurnalistik  dan Broadcast

–          Bahasa

Format siaran               : –     Informasi                           –   Pendidikan dan Kebudayaan

–      Hiburan / Musik                   –   Religi

–      Talk show                            –   Infotainment

–      Edutainment. dsb                –   Live Art Perfomance

Format musik                : –    Pop Alternative                    – Easy listening

–   lagu Tradisional Daerah         – Etnis Daerah

–   Jazz. Dsb                                    –  Mancanegara

Target audience            :  Pelajar / Mahasiswa / Komunitas Seni, Musik dan Sastra /

masyarakat umum pecinta seni dan budaya

Call station                   : Radio Komunitas Seni dan Budaya

Call audience                : ER-ers

Contact person

Studio / Office : Jalan ……………………….Subang Jawa Barat

PROFIL KOMUNITAS

Kabupaten Subang memiliki beragam potensi terutama di bidang seni dan kebudayaan. Hal ini sangat disayangkan, apabila pelestarian dan pengembangan seni dan budaya daerah  tersebut kurang optimal dalam pengelolaanya. Seni dan budaya merupakan dua aspek yang dapat menjadi media dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan bangsa. Kedua aspek tersebut juga merupakan aset yang berharga dalam meningkatkan kesejahteraan dan kerukunan antar masyarakat.

Seni dan budaya daerah juga merupakan salah satu aspek daya tarik para wisatawan baik itu domestik maupun internasional dalam menikmati hasil seni dan budaya tersebut, khususnya Kabupaten Subang dalam meningkatkan pendapatan daerah. Untuk itu masyarakat Kabupaten Subang membutuhkan media untuk mengapresiasikan kegiatan seninya, khususnya pembinaan bagi generasi muda yang memliki minat dan bakat serta peduli terhadap kebudayaan daerahnya sendiri, sekaligus mengaktualisasikan visi dan misi Kabupaten Subang khususnya di bidang pariwisata, kesenian dan kebudayaan daerah Kabupaten Subang.

Beragamnya komunitas seni di Kabupaten Subang diantaranya Komunitas Seni Sisingaan, Komunitas Seni Teater, Komunitas Sastra, Komunitas Tarik Suara, dsb. Mendorong kami untuk mendirikan komunitas seni dan budaya yang dapat mewadahi seni dan budaya tersebut melalui media radio komunitas bernama ER RADIO. Hal itu semata-mata sebagai bentuk partisipasi kami untuk mengembangkan dan melestarikan budaya daerah yang menjadi ciri dan kepribadian dari suatu daerah.

KEGIATAN

  1. Merekrut anggota-anggota baru komunitas radio seni dan budaya di Kabupaten Subang untuk bergabung bersama-sama menjalankan program.
  2. Membuat acara program komunitas  pecinta seni di  Kabupaten Subang, dalam rangka menjadikan media radio sebagai wadah apresiasi seni.
  3. Membuat acara program  para pecinta seni yang melibatkan peserta siswa-siswi di seluruh sekolah-sekolah tingkat SMP, SMA dan MAHASISWA di kabupaten subang untuk mewadahi mereka mengadakan kegiatan-kegiatan seni dan apresiasi seni.
  4. Membuat dan mengadakan even-even berkala kegiatan kesenian di Kabupaten Subang sebagai media partner
  5. Bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang sebagai media partner dan menjadi mitra kerja dalam kegiatan-kegaitan kesenian di Kabupaten Subang.
  6. Menjadi fasilitator kegiatan acara kesenian baik itu yang bertaraf lokal, Nasional, dan Internasional
  7. Bekerjasama dengan lembaga media-media informasi Cetak/Elektronik di Kabupaten Subang dalam rangka mempromosikan seni dan budaya Kabupaten Subang yang kaya akan tradisi kesenian dan kebudayaan di Kabupaten Subang.
  8. Menjalankan program-program acara ER RADIO (Radio Komunitas Seni dan Budaya) secara baik dan konsisten.
  9. Membuat program-program acara di ER RADIO (Radio Komunitas Seni dan Budaya) yang bisa menarik, bermanfaat dan diterima seluruh masyarakat Kabupaten Subang

PROGRAM RADIO

1)    BERITA RINGAN (soft news) merupakan kemasan acara program siaran yang mengetengahkan acara berita ringan seputar dunia Seni dan Budaya secara umum, baik itu berita ringan nasional maupun lokal daerah;

2)    INFORMASI : merupakan bentuk acara siaran informasi secara umum (bidang ekonomi, politik, lingkungan hidup, seni tradisional / kontemporer, olahraga dan kesehatan, IPTEK, hukum, dunia sekolah dan dunia hiburan / umum);

3)    TALK SHOW : merupakan acara interaktif antara para penikmat seni, seniman maupun kritikus seni  baik itu dengan masyarakat seni ataupun dengan  pelajar yang membahas satu tema mengenai seputar dunia kesenian dan kebudayan yang dikemas secara ringan dan terarah;

4)    DIALOG INTERAKTIF : merupakan ajang untuk penyampaian ide dan juga gagasan para peserta dialog  mengenai permasalahan yang sedang hangat baik antar peserta dialog maupun dengan para pendengar. Acara debat ini membahas tema tentang kondisi, situasi, perkembangan, wawasan, informasi mengenai seni dan budaya indonesia dimata masyarakat sekarang ini. Acara ini juga melibatkan para pecinta seni, pelajar, seniman, dam masyarakat di Kabupaten Subang.

5)    SNAPSHOT, adalah merupakan bentuk kemasan informasi / hiburan dalam bentuk rekaman mengenai istilah-istilah, pengertian, tentang bidang mata pelajaran, puisi, sastra atau umum. Sumbernya bisa dari buku-buku, ensiklopedia, kamus, dsb;

6)    MUSIK, merupakan acara hiburan yang menyuguhkan berbagai macam musik     (Musik tradisional, etnis, kontemporer, pop, klasik, rock, jazz, etnis dsb) yang dikemas dengan acara request,quiz,dsb;

7)    MUSIK LIVE SHOW, merupakan acara pentas unjuk kabisa komunitas seni musik untuk menampilkan karya-karya musiknya secara langsung di radio.

8)    PENTAS UNJUK KABISA, merupakan acara penampilan para anggota komunits menampilkan karya-karya seninya seperti baca puisi, cerpen,

9)    KLUB SASTRA : merupakan acara diperuntukan bagi para pelajar dan mahasiswa di Kabupaten Subang dengan masyarakat seni yang ingin mengembangkan keterampilan dalam seni, baik itu seni musik, Teater, seni tulis menulis (cerpen,novel,roman dsb)

10) IKLAN LAYANAN MASYARAKAT

PENJELASAN SDM DAN KEAHLIAN

Sumber Daya Manusia (SDM) dan keahlian dalam mengelola sebuah  kegiatan radio sangat penting sekali, guna kelangsungan jalannya kegiatan siaran sehari-hari sebuah radio. Tidak sedikit radio-radio komunitas lain yang terpaksa tidak bisa menjalankan aktivitas radionya, dikarenakan tidak siapnya Sumber Daya dan Keahlian serta pengalaman di bidang radio.

ER RADIO adalah salah satu radio komunitas Seni dan Budaya yang ada di Kabupaten Subang yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai seni dan kebudayaan di masyarakat. Dengan dibekali perencanaan  sistem manajemen dan pengelolaan yang baik bagi radio kami, maka ER RADIO diharapkan akan terus eksis di masyarakat.

Perencanaan yang telah kami buat guna mempersiapkan sumber daya manusia yang ada diantaranya, memiliki sumber daya manusia yang berpengalaman dan mempunyai skill di bidang seni, sesuai dengan kebutuhan, memiliki Sumber Daya Manusia yang mempunyai pendidikan setingkat SLTA yang mempunyai pengetahuan di bidang radio siaran, memiliki sumber daya manusia yang sebagian besar telah berstatus mahasiswa dan sarjana, sehingga prospek kedepan diharapkan mampu menjalankan aktivitas radio dengan baik, memiliki sumber daya manusia yang  sangat peduli terhadap kesenian dan kebudayaan, khususnya di Kabupaten Subang.

Struktur Kepengurusan

Radio Komunitas Seni Dan Budaya  ER Radio 107,7 FM

Badan Pendiri

Dewan Penyiaran Komunitas

Badan Pengurus

Penganggung jawab Prog. Siaran          :

Penganggung jawab Prog. Berita :

Penganggung jawab Keuangan   :

Penanggung jawab Litbang        :

Penganggung jawab Teknis        :

Kepala Studio                            :

Sekretaris                                 :

Bendahara                                :

Program Director                      :

Penyiar                                     :

Scriptwriter                              :

Reporter                                   :

Music Director                         :

Production                               :

Keuangan                                 :

Promotion                                :

Humas                                      :

OB Van / EO                                       :

Contact Person

Studio / Office :

REKRUITMENT SDM

  1. Membina dan melatih anggota komunitas dengan pembekalan yang nyata mengenai sistem kerja di sebuah radio siaran, khususnya siaran radio komunitas seni dan budaya yaitu ER RADIO.
  1. Membina dan melatih calon pengurus dari Pelajar dari tingkat SMA dan Mahasiswa untuk direkrut menjadi pengurus stasiun radio ER yang professional, khususnya bagi mereka yang peduli terhadap seni dan budaya daerahnya.
  1. Menyeleksi calon-calon anggota untuk ditempatkan sebagai pengurus pelaksana siaran radio di ER RADIO dangan kriteria-kriteria menjadi seorang pengurus sesuai dengan rencana.
  1. Mengadakan training-training, baik itu yang berhubungan dengan penyiaran maupun yang menyangkut kegiatan-kegiatan kesenian bagi para pelajar maupun masyarakat yang peduli terhadap seni dan budaya yang ada di Kabupaten Subang, yang diharapkan mampu mengisi kebutuhan dalam manajemen siaran radio komunitas.
  1. Bekerjasama dengan lembaga-lembaga atau komunitas-komunitas seni untuk bergabung dalam aktivitas seni yang diselenggarakan oleh ER RADIO.
  1. Bekerjasama dengan pemerintah daerah guna membantu peningkatan sumber daya manusia baik itu di bidang penyiaran mapun di bidang manajemen.
  1. Mengadakan kegiatan-kegiatan kesenian dalam bentuk festival atau lomba kesenian untuk menjaring calon-calon anggota guna mempersiapkan sumber daya manusia yang profesional.

Rencana Anggaran Biaya Pengadaan Barang Perangkat Radio

ER Radio 107,8 FM

NO NAMA BARANG JENIS/SPESIFIKASI HARGA (Rp) TOTAL (Rp)
1 Meja + Kursi Penyiar 10 x 5 m2 500.000 500.000
2 Meja + Kursi Operator 1 set 500.000 500.000
3 Pesawat Pemancar 1 set 5.000.000 5.000.000
4 Antena 1 set 3.000.000 3.000.000
5 Tiang Antena 1 unit 2.000.000 2.000.000
6 Speaker 1 set 1.000.000 1.000.000
7 Amply Power 1 unit 1.500.000 1.500.000
8 Mixer 4 track 1 unit 4.000.000 4.000.000
9 Komputer Broadcast 2 unit 4.000.000 8.000.000
10 Mikropon 4 unit 500.000 2.000.000
11 Standar Mikropon 4 unit 150.000 600.000
12 Headphone 2 unit 500.000 1.000.000
13 Pesawat Telepon 1 unit 500.000 500.000
14 Peralatan Studio 400.000 400.000
JUMLAH 30.000.000

PENUTUP

Membuka cakrawala melalui dunia penyiaran khususnya media siaran radio memiliki manffaat besar bagi pembangunan informasi dan wawasan terutama dalam rangka terutama dalam rangka meningkatkan dan menyiapkan sumber daya manusia sehingga dapat menjadi manusia berwawsan luas dan berintelektual yang tinggi sebagai lokomotif kemajuan suatu daerah khususnya kabupaten subang.

Oleh karena itu, tak ada hal lain yang dapat kami ungkapkan selain berharap kegiatan kami mendapat perhatian penuh dan dukungan nyata dari berbagai pihak agar kegiatan kami dapat dilaksanakan dengan lancar.

Demikianlah kami berusaha menunjukan kepedulian kami terhadap dunia pendidkan, pemeliharaan, dan pengembangan seni dan budaya masyarakat di kabupaten subang, bukan demi nama baik dan kehormatan, melainkan mewujudkan cita-cita komunitas kami dalam membentuk jiwa kepedulian kami terhadap pendidikan, seni dan budaya. Untuk  itu kami hanya berusaha memperbesar kemungkinan belajar dan berkarya.

Atas perhatian Bapak, kami haturkan terima kasih.

Subang,  Februari 2009

Kepala Studio

ER Radio 107,8 FM

ERWIN ROMELL

Sekretaris

ADOLF EICHMAN

Mengetahui,
Ketua

Dewan Penyiaran Komunitas (DPK)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s