Abdul Mazid

PAMERAN BUKU ISLAM TERBESAR MELALUI IBF

I

SLAMIC BOOK FAIR ke 10 merupakan suatu even yang bagus untuk di selenggarakan ,terutama untuk para pelajar putra maupun putri hingga kalangan dewasa sampai orang tua,karena merupakan suatu hal yang positif,yang bertujuan untuk memperdalam ilmu agama dengan perantara buku tersebut.IBF merupakan suatu pameran buku islam terbesar di Indonesia bahan hingga sampai terbesar se Asia tenggara termasuk Malaysia Negara tetangga.

Pameran IBF yang di selenggaran di Istora Senayan ,merupakan yang ke sekian kalinya .namun antusias pengunjung ,peserta,hingga sampai panita penyelenggara pun ikut meramaikan IBF tersebut,seoerti salah satu pengunjung IBF sebut saja Gisha,menutrkan bahwa”dengan adanya acara ini wawasan saya semakin bertambah “. Ujarnya.

Bukan hanya itu IBF diselenggarakan dengan menghadirkan suatu tokoh-tokoh terkemuka hingga selebritis tanah air,seperti salah satu tokoh terkemuka yaitu Dr. Amir Faisal Fath MA,Abd .Hakim S.Hum,MENGISI TALK SHOW DAN BEDAH BUKU YANG BERTEMA “KHAWATIR Qura’niyah “ yang bertepaytan pada hari ahad 6 maret 2011 .bukan it saja masih banyak tokoh –tokh lain seprti Sandiago DAN Samsul Arifin yang membahas Enterpreuneur Indonesia, yang di laksanakan dengan hari yang sama.dengan di ikuti oleh banyak nya pengunjung yang antusias mendengarkannya.

IBF merupakan suatu pameran buku islam yang terbilang sukses karena banyaknya campur tangan pengunjung yang antusias masyarakat yang dating,untuk ikut meramaikan acara tersebut,dan tentunya larisnya buku-buku islami ang tertata rapih dari bermacam Stand –stand yang berdiri rapih.

 

Wawancara Tanya jawab

KONSUMEN MERESPON KEMBALI BERGELARNYA IBF

Apakah tujuan anda tentang ibf 2011 ini?

Untuk menambah wawasan tentang memahami islam melalui IBF ini dengan untuk menambah imu agam a islam lebih dalam lagi (gisha pengunjung ibf)

Apakah da hal yang menarik di dalam acara ini?

Tentu, seperti tata letak stand –stand hingga sampai pengunjng yang datang (bayu pengunjung IBF )

Menurut anda sebagai peserta ,apa pelaksaan IBF ini sudah terbilang sukses ?

Tentu, karena antusianya pengunjung pada setiap harinya itu semakin hari bertambah.(BPK.Nadiran sektariat IBF )

Bagaimana antusias pengunjung yang datang ke IBF ini?

Makin hari makin bertambah hingga tempat permainan anak ramai ,dengan anak –anak yang datang itu bukti bahwa antusiasnya pengunjung yang datang ,bukan hal itu saja hingga sampai larisnya buku –buku islami .

Apa pesan dan kesan mengikutiIBF ini?

Pesanya lebih tau buku-buku islami yang bagus untuk di pelajari hingga di renungkan ,kesanya sangat dahsyat nya tempat bergelarnya acara ini .

Apakah adanya tokoh yang datang ke IBF ini sudah mewakili pengetahuan anda tentang IBF tersebut?

Tidak,juga karena banyak nya tokoh tokoh yang datang ke tempat ini embawa pembahasan yang ber beda –beda.

Anda sebagai peserta ibf apakah pendapatan lebih naik ?

Tentu, Karena dari berbagai masyarakat yang datang ke tempat ini, hingga tak sedikitnya yang membeli buku di sini termasuk toko AL Kautsar ini.

Apakah benar bahwa IBF ini terbesar di Indonesia?

Tentu, bahkan hingga sampai se Asia tenggara.indonesia menduduki puncak paling atas di dalam IBF ini.

Apakah pameran buku-bukun islami ini bebas dari segi pengarangnya?

Tentu tidak karena buku-buku yang ada di IBF ini harus melewati mengamatan dari Pengrang islam yang sebenarnya.

Apa tema yang diangkat dalam penyelenggaraan

IBF pada 2011 ini?

Kami mengusung tema “Khazanah Islam untuk Peradaban Bangsa”. Melalui

pameran ini, kami ingin turut memba – ngun peradaban dan akhlak bangsa. Di

samping pameran, panitia menyelenggarakan kegiatan kesenian, kreativitas

anak, beragam lomba, temu tokoh nasional dan internasional, semua terangkum sebagai khazanah Islam. Buku-buku yang dipamerkan nanti bernuansa nilai-nilai keislaman.

Pameran ini sudah menjadi milik masyarakat. Mereka yang datang, tak

sekadar membeli buku, tetapi bersama

keluarganya mereka mencari sumber ilmu dari buku dan tokoh-tokoh yang dihadirkan di pameran.

 

 

 

 

Apa keistimewaan IBF 2011 ini diban –

dingkan IBF pada tahun-tahun sebelumnya?

 

 

Pertama, jumlah peserta lebih banyak dari tahun-tahun sebelumnya. Panitia

mencatat 375 stan dan 80 jenis acara.

Penyelenggaraan pameran yang berlangsung

dari 4 hingga 13 Maret 2011 ini juga

diisi berbagai kegiatan, seperti peng – anugerahan IBF Award, festival kesenian

Islam, dan peluncuran serta bedah buku.

 

 

 

.

Feature

SEMARAKNYA ISLAMIC BOOK FAIR

Hadirlah ke IBF 2011 yang di adakan di istora senayan ,buku-buku islami terlengkap ada di sana ,itulah yang di ungkapkan untuk menarik banyak perhatian masyarakat untu menghadiri IBF tersebut, yang bertemakan Khazanah ,yang di selenggarakan cukup meriah. Sekitar empat ribu massa dari Jabodetabek dan sekitarnya menghadiri acara puncak penutupan Islamic Book Fair (IBF) ke-10, Ahad (13/3) malam. Pameran buku Islami yang berlangsung sejak 4 Maret lalu itu ditutup oleh ekonom Islam Dr Muhammad Syafii Antonio.

 

Dalam pidato penutupannya, ia berharap setiap hari dan setiap tahun buku yang diterbitkan semakin bertambah banyak dan kreatif serta generasi umat Islam berikutnya pun semakin gemar membaca.

“Karena ilmu adalah kekuatan, karena ilmu adalah potensi yang bisa membuat kita sejahtera dunia dan akhirat!” ujarnya.

Ia pun berharap perhelatan buku islami ke depan bisa sebesar Frankfrut Book Fair atau minimal lebih besar dari Kairo International Book Fair.

Sedangkan Ketua Panitia IBF ke-10 Iwan Setiawan dalam laporannya menyatakan acara yang berlangsung selama sepuluh hari itu telah dikunjungi sekitar 400 pengunjung yang sebagian besarnya dari Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Dalam kesempatan itu, Ketua IKAPI DKI Jakarta Evir Efrizal Sinaro menyatakan bahwa IKAPI DKI mengagendakan kembali menggelar IBF pada 9-18 Maret 2012. “Insya Allah lebih besar dan lebih meriah lagi dari sekarang,” targetnya.

IBF Award Kategori Stand Terbaik, Dalam acara puncak penutupan yang juga dimeriahkan Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS) itu, diumumkan serta diberikan penghargaan IBF Award Kategori stand pameran buku terbaik.

Berdasarkan kriteria fungsi promosi, estetika, dan pelayanan , dipilihlah tiga pemenang. Secara berturut-turut mereka adalah: Cicero Publishing, Penerbit Almahira, dan Pustaka Al Kautsar.

“Dengan disabetnya juara satu kali ini oleh Cicero, berarti Cicero telah memenangkan tiga kali award ini sejak IBF ke-8” ujar Aisyah, panitia IBF Award Kategori Stand Terbaik, usai menyerahkan penghargaan.

Acara pun semakin marak saat Gabungan Artis dan Seniman Sunda (GASS), yang dipimpin Melly Guslow membacakan pemenang doorprice sejumlah laptop dan handpone bagi para pengunjung yang mengisi kuisioner.

Seakan tidak mau kalah, Ust Yusuf Mansyur dan Syafii Antonio memberikan doorprise umrah kepada salah seorang pengisi kuisioner tapi dengan syarat. “Syaratnya harus menghafalkan dahulu  Surat Yasin, Ar Rahman, Al Waqiah, dan Al Mulk,” ujar Yusuf Mansyur. Kemudian disambut teriakan, “Aaah” para hadirin mengingat keempat surat tersebut bukan terkategori surat-surat pendek.

Berita lugas

IBF MENARIK PERHATIAN PECINTA BUKU ISLAMI

IBF di selenggarakan dengan sukses trlihat dari pengunjug yang antuasias berdatangan .buku-buku yang tersusun rapih dan bermacam – macam itu menarik perhatian khususnya pecinta buku islami,seperti harga buku di IBF ini relative lebih murah di bandingkan dengan tokoh lain.

Harga dari buku-buku tersebut berbeda dari harga toko tentunya karena diberikan diskon.   beberapa buku  diantaranya Fiqih Shalat, kalau di toko harganya Rp. 74.000 di IBF jadi Rp. 50.000; tentu dengan HARD COVERnya,

Hingga  aksesoris kerudung yang seperti peniti untuk dua buah seharga Rp. 15000; menemukan barang yang bagus belilah dan simpan untuk dipakai pada saat yang tepat. Nanti menjelang hari H, kita tidak perlu repot berdesak-desakan mencari barang lagi. Bayangkan saja oleh kita, menjelang idul fitri itu di Mall-mall penuh dipadati para calon pembeli

Bukan hanya itu masih banyak lagi perlengkapan islami lainya,namun dengan bahan yang bagus harga pun terjangkau ,bahwa dengan di selenggarakan IBF di senayan ini untuk menumpuhkan silaturahmi antar muslim dan muslimah.

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s